Imigrasi Pati Gelar Operasi Gabungan Pengawasan di wilayah Kabupaten Rembang

Rembang – Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Rembang melaksanakan kegiatan operasi gabungan pengawasan di wilayah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah pada tanggal 24 April 2024. Operasi ini dilakukan setelah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim PORA.

Tim melakukan kunjungan ke PT Kelola Biotech International di Kabupaten Rembang. Perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan tepung ikan dan mulai beroperasi sejak September 2023 ini memiliki total karyawan sebanyak 35 orang. Pada perusahaan ini terkonfirmasi keberadaan 3 Warga Negara Asing (WNA) dari Taiwan yang merupakan pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

Selanjutnya, tim melakukan pengecekan ke PT Hokky 168 yang bergerak dalam bidang pembuatan makanan dari kepiting dengan total karyawan sebanyak 100 orang. Ibu Lila selaku HRD mengkonfirmasi keberadaan 6 WNA asal Tiongkok yang merupakan pemegang ITAS.

Tim PORA memberikan pesan dan arahan kepada HRD kedua perusahaan tersebut untuk segera melaporkan setiap kedatangan orang asing ke Kantor Imigrasi Pati, terutama bagi WNA yang tinggal di wilayah Kabupaten Rembang.

Operasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pengawasan dan penegakan aturan terkait keberadaan WNA di Indonesia, khususnya di Kabupaten Rembang. Tim PORA terus mengintensifkan kegiatan pengawasan guna memastikan bahwa perusahaan-perusahaan di daerah ini mematuhi peraturan terkait ketenagakerjaan dan perizinan bagi tenaga kerja asing.