Tidak Ingin Antri Bikin Paspor, Ajukan Saja Layanan Eazy Passport di Kantor Imigrasi Pati

Bagi warga Pati, Rembang, Jepara dan Blora yang ingin mengurus paspor bersama-sama rekan se-kantor, teman kuliah, teman komunitas/organisasi, tetangga perumahan, dll tanpa harus menghadapi antrian panjang, Kantor Imigrasi Pati menyediakan cara yang lebih mudah untuk mengurus paspor secara kolektif, tidak perlu mendaftar antrean online, tidak perlu antri serta tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi karena petugas Imigrasi lah yang akan mendatangi lokasi pemohon untuk proses paspor. Layanan jemput bola dalam pengurusan paspor tersebut bernama Eazy Passport.

Agar mendapatkan layanan ini caranya cukup mudah. Terlebih dahulu, komunitas masyarakat/instansi mendata siapa saja anggotanya yang bersedia untuk proses paspor secara kolektif. Jika sudah terkumpul minimal 30 orang pemohon yang bersedia mengajukan paspor, perwakilan komunitas dapat mengajukan permintaan layanan Eazy Passport ke Kantor Imigrasi Pati dengan datang langsung atau bersurat ke alamat email humas.imigrasi.pati@gmail.com. Jika telah disetujui, Kantor Imigrasi Pati akan menjadwalkan pelaksanaan layanan Eazy Passport di lokasi sesuai yang diminta.

layanan ini hanya dapat melayani permohonan paspor baru dan penggantian paspor saja. Untuk permohonan penggantian paspor hilang, rusak, atau ganti data belum dapat diproses dalam layanan ini karena pemohon harus datang langsung ke Kantor Imigrasi.

layanan Eazy Passport tidak ada biaya jasa atau biaya tambahan untuk mendapatkannya, alias gratis. Biaya yang berlaku hanyalah tarif paspor sesuai PNBP yaitu sebesar Rp. 350.000,00 per permohonan. Pembayaran paspor dapat dilakukan setelah selesai proses pengambilan data biometrik dan wawancara oleh petugas di lokasi pelaksanaan. Transaksi pembayaran dapat dilakukan di bank/kantorpos, melalui ATM/M-Banking/Internet Banking.

Jika paspor sudah jadi sekitar 3-4 hari kerja setelah pembayaran paspor, salah satu perwakilan komunitas/instansi bisa mengambil paspor di Kantor Imigrasi Pati dengan membawa surat kuasa pengambilan paspor masing-masing pemohon atau surat perintah dari pimpinan komunitas/instansi. Alternatif lainnya, paspor juga dapat dikirim melalui PT Pos dengan tambahan biaya pengiriman paspor sesuai tarif yang berlaku pada PT Pos.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan Eazy Passport Kantor Imigrasi Pati dapat menghubungi WhatsApp CS di nomor 085733421603