Imigrasi Pati Sosialisasikan Paspor Elektronik di Kabupaten Blora

Blora – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati mengadakan Sosialisasi Paspor Elektronik di Kyriad Arra Hotel Cepu Blora pada Selasa (20/2/2024). Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari Sosialisasi Pencegahan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Non Prosedural yang diselenggarakan oleh Polres Blora, Disnaker Blora, dan Kantor Imigrasi Pati.

Peserta sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan siswa-siswi SMA/SMK dan guru pendamping se-Kabupaten Blora, sedangkan Narasumber diisi oleh Deny Arli Asmara yang merupakan Kepala Sub Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Pati. Dalam materinya, Deny menjelaskan tentang perbedaan antara paspor elektronik dan paspor biasa, keuntungan menggunakan paspor elektronik, serta prosedur dan persyaratan pembuatan paspor elektronik.

“Paspor elektronik memiliki beberapa keuntungan dibandingkan paspor biasa, di antaranya lebih aman, proses pemeriksaan di bandara lebih cepat, dan masa berlaku lebih lama,” kata Deny.

Deny juga menghimbau kepada para siswa-siswi agar segera mengurus paspor elektronik jika ingin bepergian ke luar negeri.

“Paspor elektronik ini sangat penting bagi para pelajar yang ingin mengikuti pertukaran pelajar atau melanjutkan studi ke luar negeri,” kata Deny.

Peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Deny. Banyak yang mengajukan pertanyaan tentang paspor elektronik.

Keunggulan Paspor Elektronik atau E-Paspor adalah :

1.    Terdapat chip yang dapat menyimpan data biometric sehingga data diri lebih aman

2.    Proses keimigrasian lebih cepat, karena bisa melewati proses imigrasi melalui Autogate yang tersedia di beberapa Bandara Internasional seperti Soekarno Hatta, Juanda, Ngurah Rai, dll dan juga di Pelabuhan  Internasional seperti Batam Center dan Harbourbay Batam.

3.    Bebas Visa bagi negara tertentu khususnya ke Jepang.

4.    Penerimaan luas di Negara Lain.

Diharapkan dengan sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih memahami tentang paspor elektronik dan keuntungan menggunakannya. Bagi para pelajar yang ingin bepergian ke luar negeri, diimbau untuk segera mengurus paspor elektronik.